Monday, 29 January 2024 09:04 WIB | USD/JPY | Indeks Dolar Yen EuroUSD

Dolar mengawali pekan ini dengan stabil karena investor mengamati data ekonomi AS menjelang pertemuan kebijakan Federal Reserve pekan ini, sementara meningkatnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah menjaga sentimen risiko tetap terkendali.

Indeks dolar, yang mengukur mata uang AS terhadap enam mata uang rivalnya, naik tipis 0,01% menjadi 103,55 pada hari Senin, ditetapkan untuk kenaikan 2% pada bulan Januari karena para pedagang mengurangi ekspektasi penurunan suku bunga AS yang lebih awal dan mendalam.

The Fed pada bulan Desember mengejutkan pasar dengan mengambil nada dovish dan memproyeksikan penurunan suku bunga sebesar 75 basis poin pada tahun 2024, sehingga pasar memperkirakan pelonggaran yang lebih awal dan tajam, dengan penurunan yang diharapkan terjadi pada awal bulan Maret.

Namun sejak saat itu, data ekonomi yang kuat dan penolakan dari para gubernur bank sentral telah mendorong para pedagang untuk menyesuaikan ekspektasinya. Pasar saat ini memperkirakan peluang penurunan suku bunga sebesar 48% pada bulan Maret, menurut alat CME FedWatch, dibandingkan dengan peluang sebesar 86% pada akhir bulan bulan Desember.

Euro turun 0,05% ditransaksikan pada level $1,0847, sementara Sterling terakhir berada pada $1,2703, naik 0,04% sehari menjelang pertemuan Bank of England akhir pekan ini.

Yen Jepang menguat 0,01% menjadi 148,14 per dolar pada hari Senin. Mata uang Asia turun hampir 5% terhadap dolar pada bulan Januari, berada di jalur kinerja bulanan terlemahnya sejak Juni 2022.

Sementara itu, investor khawatir terhadap risiko geopolitik setelah tiga anggota militer AS tewas dalam serangan pesawat tak berawak terhadap pasukan AS di timur laut Yordania dekat perbatasan Suriah.

Presiden AS Joe Biden menyalahkan kelompok yang didukung Iran atas serangan tersebut, serangan mematikan pertama terhadap pasukan AS sejak perang Israel-Hamas meletus pada bulan Oktober.

Sementara para analis mengatakan, gejolak geopolitik dapat memberi dorongan sementara pada safe-haven yen.

Di tempat lain, Dolar Australia naik 0,21% menjadi $0,659, sedangkan dolar Selandia Baru menguat 0,18% menjadi $0,610.

Dalam mata uang kripto, bitcoin terakhir naik 0,18% menjadi $42,062.00.(yds)

Sumber: Reuters